Implikasi Teknologi Terhadap Media

Perkembangan dunia komunikasi sangat terkait dengan perkembangan teknologi yang ada. Perkembangan teknologi tumbuh bagaikan ombak yang tak terbendung. Perkembangannya komunikasi di suatu wilayah tentunya sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang ada pada wilayah tersebut. Perubahan gaya komunikasi masyarakat sangat dipengaruhi oleh teknologi yang ada. Berikut ini penjelasan dari Prof. Alwi Dahlan, PhD mengenai dampak teknologi terhadap perkembangan komunikasi dan media.

Dengan adanya teknologi, berkomunikasi menjadi lebih mudah, jarak jauh pun seolah sudah tak ada lagi, mobilitas informasi menjadi sangat tinggi dan cepat, segala informasi di belahan dunia lain dapat dengan cepat diketahui. Perkembangan internet telah menjadikan jarak jangkauan bukanlah sebuah penghalang. Informasi yang didapat sangat cepat dan banyak. Bahkan sekarang ini ada kecenderungan untuk membuka kantor di rumah karena adanya layanan internet yang dapat digunakan sebagai media bertemunya penjual dan pembeli. Privasi juga seakan lenyap. Kita ambil contoh saja para artis, segala berita mengenai mereka seperti tiada habisnya. Infotainment setiap harinya selalu memberitakan isu terbaru mengenai para artis baik dari dalam maupun luar negeri. Belum lagi dengan adanya web 2.0 setiap orang dapat membuka forum dan membahasnya dengan bebas. Kita lihat saja contohnya kasus YZ dan ME yang videonya mudah menyebar dari satu Handphone ke Handphone lainnya hanya karena ada suatu fasilitas yang disebut Bluetooth. Bluetooth merupakan suatu fitur yang memungkinkan pemindahan data-data seperti: gambar, video, lagu, dan sebagainya dari HP ke HP atau dari HP ke PC atau sebaliknya yang penting pada HP atau PC tersebut sama-sama mempunyai fasilitas Bluetooth.

Di era digitalisasi media berkembang sesuai dengan trend dan teknologi yang ada. Media juga mengalami penyesuaian, hal ini dimaksudkan agar tetap dapat terus exist. Kita lihat saja media Koran Kompas, mereka telah memiliki homepage www.kompas.com (Kompas Cyber Media) untuk para pembaca yang ingin mengetahui berita yang telah diterbitkan sebelumnya. Media cetak lain seperti Suara Pembaruan, Media Indonesia juga mempunyai homepage yang dapat diakses oleh semua pembaca dari seluruh belahan dunia.

Trend terbaru pada dunia media cetak adalah sebagai berikut:

  1. bentuknya lebih handy = ringan dan mudah dibawa ke mana saja untuk dibaca
  2. tersegmentasi = target sasaran pembaca lebih tersegmentasi. Misalnya majalah Bobo merupakan majalah yang diperuntukkan bagi anak-anak, Kawanku untuk anak remaja awal (anak SMP), GoGirl! untuk remaja tingkat atas (anak SMA sampai anak kuliah)
  3. isi sangat disesuaikan dengan segmentasi yang ada

Meskipun media sangat ditentukan oleh teknologi yang ada, namun demikian bukan berarti media akan langsung lenyap dari peredaran karena ternyata bagaimanapun juga media seperti televisi dan radio sulit tergantikan. Penyesuaian memang terjadi pada berbagai perlengkapan pada proses produksinya, namun media TV dan radioa masih belum tergantikan. Media cetak memang lebih mudah tergantikan oleh teknologi, namun bagaimanpun juga dasar dari semua media baru tersebut tetaplah content berita. Jadi hanya medianya saja yang berubah namun isi nya tetaplah dasar yang paling utama. Oleh sebab itu hal mendasar yang tetap harus dimiliki dan dikuasai adalah bagaimana caranya membuat isi/content yang menarik dari suatu berita.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: